Selasa, 01 Mei 2012

Dampak Pencemaran

Dampak Pencemaran 
Dampak pencemaran lingkungan tidak hanya berpengaruh dan berakibat kepada lingkungan alam saja, tetapi berakibat dan berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, hewan dan juga manusia.Pencemaran yang masuk melalui jalur makanan dan berada dalam daur pencemaran lingkungan cepat atau lambat akan sampai juga dampaknya pada manusia. Oleh sebab itu manusia dalam upayanya memperoleh kualitas dan kenyamanan hidup yang lebih baik, perlu juga untuk memperhatikan hal-hal apakah yang nantinya akan membuat terjadinya kerusakan lingkungan. Sehingga kita akan membuat suatu upaya agar lingkungan alam yang kita keruk SDA-Nya, segera dilakukan proses rehabilitasi terhadap alam untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi.
Berikut adalah beberapa dampak pencemaran
1. Dampak pencemaran terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan 
2. Dampak pencemaran terhadap ekosistem yaitu perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. 
3. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. 
4. Dampak pencemaran terhadap tanaman misalnya tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan Pene, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. 
5. pH biasa air hujan adalah 5,6 karena adanya CO2 di atmosfer. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. 
6. Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan NO2 di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global. 
7. Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya, sehingga terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon. 
8. Banjir 
9. Erosi 
10. Kekurangan sumber air bersih 
11. Dapat membuat sumber penyakit 
12. Tanah longsor 
13. Menurunnya kesuburan tanah 
Penyebab pencemaran
Penyebab dari pencemaran lingkungan adalah sebagai berikut : 
1. Kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; 
2. Penggunaan pupuk dan pestisida berlebihan; 
3. Kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; 
4. Air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping); 
5. Pembuangan sampah sembarangan; 
6. Menggunakan deterjen fosfat; 
7. Menebangi pohon secara liar; 
8. Adanya ladang berpindah;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar